Rabu, 13 Februari 2013

Membuat Master Indesign


Membuat master di Indesign


Didalam Indesain, pembuatan master mutlak diperlukan karena nantinya akan mempermudah kita dalam mengaplikasikan header, Footer sebuah buku atau majalah dan pnomoran secara otomatis, sehingga kita tidak perlu membuatnya berkali-kali sesuai jumlah halaman yang kita buat, namun kita hanya cukup sekali membuatnya dan secara atomatis akan muncul disemua halaman yang kita inginkan.
Baiklah, langsung saja kita buat halaman master Indesain :
Langkah pertama adalah kita masuk ke panel Page yang terdapat di kanan layar, kemudian klik saja maka akan muncul panel tambahan seperti gambar dibawah ini :
Di panel pages tersebut terdapat dua pilihan pengelolaan, maka kita klik dobel saja pada bagian A Master, maka akan muncul dua halaman master yang saling berkaitan seperti gambar dibawah ini :

setelah itu, kita bisa memasukkan header, footer, judul kaki layout majalah kita di halaman tersebut yang bisa terterapkan pada semua halaman asli anda,
Pembuatan master Header atau Footer Layout Buku
Untuk pembuatan header maupun footer, kita dapat mengkolaborasikan text dan gambar, dengan cara Place (Ctrl+D) gambar header yang telah kita buat baik dalam format jpeg, tiff, png, gif ataupun vektor (yang support dengan Indesain. seperti EPS) kedalam halaman master kita. kita atur sesuai keinginan kita, atau jika kita ingin mengkreasikan pembuatan logo di Indesain langsung juga bisa dengan menggambar dengan menggunakan Pen Tool (P).
Untuk penomoran secara otomatis
proses ini dilakukan dengan klik TYPE TOOL (T) kemudian kita klik drag type tool tadi ditempat dimana kita akan memberikan nomor halaman pada layout buku atau majalah kita, jangan ketik apapun seperti gambar dibawah ini :
Setelah itu, klik menu Type > Insert Special character>Makers>Current Page Number. maka akan tampak huruf A di sana sebagai perwakilan bahwa penomoran secara auto telah terbentuk. tinggal kita atur saja size dan font-nya dengan cara seperti kita mengetik biasa pada program word.
OK,untuk melihat hasilnya, kita kembali pada dialog PAGE dan kita klik dobel pilihan untuk halaman (dibawah A Master). maka akan terlihat di semua halaman terdapat header yang kita buat tadi dan secara otomatis akan terdapat nomor secara berurutan pada semua halaman layout buku atau majalah kita.
SELAMAT MENCOBA…!!!!

Sumber : Sapi Bertelor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome to My Blog

Translate

Popular Post

Klick

Twitter  Facebook 

- Copyright © One Berbagi -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -