Rabu, 13 Februari 2013

Pembuatan Style character di Indesain


Pembuatan Style character di Indesain


Dalam Adobe Indesain, Pengaturan Style juga merupakan element penting dalam proses penyusunan sebuah layout buku, tujuan penyusunan style di awal adalah agar supaya kita tidak repot lagi nantinya ketika kita menginginkan style (Font, paragraph, warna) yang sebelumnya pernah kita buat, sehingga jika kita ingin menerapkan sebuah style dihalaman A ingin kita pakai pada Halaman G, kita tinggal mengambilnya pada palet Character Style di daftar yang pernah kita buat sebelumnya.
Baiklah, Langsung saja kita belajar bagaimana cara membuat sebuah style di Adobe Indesain.
Langkah pertama adalah kita buka pallet Character Style yang terdapat dismaping kanan layar (jika belum muncul, klik menu Type > Character Style (Shift+F11). seperti gambar dibawah ini :

Setelah terbuka, silahkan buat style baru dengan klik ikon create new style pada bagian bawah panel character style. maka akan muncul style baru yang masih belum diatur style-nya. untuk mengatur style character baru yang kita buat barusan, kita klik dobel saja pada style baru tadi, maka akan muncul panel baru pengaturan character style seperti gambar dibawah ini.
setelah itu, atur character sesuai yang anda inginkan baik font, size, warna, paragrap sesuai keinginan anda. jika sudah selesai semua, kita tinggal klik OK… oh ya, biasanya untuk penamaan sebuah character style itu disesuaikan pada apa character style itu digunakan agar mempermudah kita dalam mencarinya nanti ketika akan kita pakai. contohnya jika diterapkan pada text isi buku/majalah biasanya character style tersebut dinamai dengan Bodytext, jika untuk judul biasanya dinamai dengan Header. Dan seterusnya dan seterusnya… terserah anda saja lah, karena itu disesuaikan dengan istilah yang biasa kita pakai dalam layout kita sehari-hari…

Sumber : Sapi Bertelor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome to My Blog

Translate

Popular Post

Klick

Twitter  Facebook 

- Copyright © One Berbagi -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -